Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Tangerang dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Tangerang Nomor 800/Kep.251 - Huk/2018 tentang Penetapan Susunan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pembentukan Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Selain itu, pembentukan PPID Kabupaten Tangerang juga mengacu pada Peraturan Bupati Tangerang Nomor 123 Tahun 2015 Tentang Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Informasi Publik Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disebut dengan PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab dalam pengumpulan, penyimpanan, pemeliharaan, pendokumentasian, penyediaan distribusi dan/atau penyelenggaraan informasi dan dokumentasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang terdiri dari PPID Utama dan PPID Pembantu.

PPID Utama Kabupaten Tangerang adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang dengan PPID Pembantu adalah Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang (Sekretaris Dinas dan Sekretaris Camat Se-Kabupaten Tangerang).

PPID Utama memberikan pelayanan informasi dan dokumentasi yang dibantu oleh PPID Pembantu yang berada pada setiap Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan/atau Pejabat Fungsional berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

.